Karakteristik Program

Tujuan Jangka Panjang

  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja, berwirausaha dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

Tujuan Jangka Menengah

  1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menyusun beban belajar bagi peserta didik dengan program keahlian yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
  3. Membekali peserta didik dengan ketrampilan, berfikir kreatif, kritis dan mandiri
  4. Membekali peserta didik dengan penguasaan  literasi dasar
  5. Memfasilitasi peserta didik untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

Tujuan Jangka Pendek

  1. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
    • Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
    • Melaksanakan penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
    • Mendorong peserta didik mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
  2. Proses belajar yang menyenangkandan berkualitas
    • Mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar.
    • Mengelola proses belajar mengajar peserta didik dengan standar gerakan sekolah menyenangkan (GSM).
  3. Keahlian berfikir kreatif, kritis, dan mandiri
    • Mengintegrasikan project based learning pada setiap mata pelajaran.
    • Memfasilitasi peserta didik menghasilkan produk kreatif  dari project based learning.
    • Melaksanakan  proses asesmen secara berkesinambungan
  4. Penguasaan literasi dasar
    • Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
    • Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
    • Membekali peserta didik menjawab soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
  5. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMK
    • Memfasilitasi peserta didik untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
    • Menangani peserta didik yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
  6. Lomba Kompetensi Siswa
    • Membekali pelajar dengan pengetahuan tata cara pembuatan karya siswa melalui proyek Profil Pelajar Pancasila.
    • Memfasilitasi pelajar menghasilkan karya siswa sesuai dengan minatnya.