Desain Komunikasi Visual

PENETAPAN KONSENTRASI KEAHLIAN

SMKN 7 Samarinda memiliki 2 (dua) Bidang Keahlian, yaitu: (1) Teknologi Informasi dan (2) Seni dan Ekonomi Kreatif.

Bidang Keahlian Teknologi Informasi membuka 2 (dua) Program Keahlian yaitu: (1) Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim; (2) Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Bidang Keahlian Seni dan Ekonomi Kreatif membuka 1 (satu) Program Keahlian, yaitu Desain Komunikasi dan Visual.

Program Keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim membuka  konsentrasi, yaitu konsentrasi Pengembangan Perangkat Lunak dan Pengembangan game.  Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi membuka 2 konsentrasi, yaitu konsentrasi Teknisi Komputer dan Administrasi Jaringan. Program Keahlian Desain Komunikasi Visual memiliki 3 (tiga) konsentrasi yaitu konsentrasi (1) Desain Grafis; (2) Fotografi; dan (3) Videografi.

Pada awal pembelajaran di kelas X peserta didik SMK Negeri 7 dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus, dan konsentrasi yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas peserta didik.

Konsentrasi adalah pengkhususan studi yang diambil setelah satu tahun mengikuti pembelajaran di kelas X atau fase E. Pemilihan konsentrasi berdasarkan minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar di kelas X, sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup program keahlian yang dipilihnya, antara lain meliputi profesi kerja setelah lulus, jabatan dalam pekerjaan, peluang usaha, jenis kompetensi, dan fasilitas yang digunakan.

Sekolah melalui Wali Kelas, Guru produktif, dan Guru BK dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap portofolio peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X).

Seluruh mata pelajaran yang ditawarkan dalam konsentrasi dikemas dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh Guru Produktif. Capaian Pembelajaran diterjemahkan ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran, kemudian dituangkan dalam Modul Ajar. Capaian hasil pembelajaran dapat berupa portofolio sebagai bentuk dari assessment.

Berikut contoh peluang dan profesi kerja sesuai dengan konsentrasi program keahlian :