Upacara Bela Negara Kela X

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah hari Sabtu, tanggal 22 September 2018 pukul 16.30 wita SMKN 7 Samarinda telah melakukan kegiatan bela negara untuk kelas X yang bertugas sebagai pembina Upacara adalah Pak Luthfi Yusran Puluhulawa, M.Pd., suasana yang sejuk dan hening sore itu mengantarkan siswa khidmat mendengarkan paparan materi yang disampaikan oleh pembina upacara.

DAMPAK SEXS BEBAS , 
Kenakalan remaja belakangan ini sering kita lihat di kota-kota sangat memprihatinkan sekali, semuanya ini bukan hanya disebabkan oleh faktor remaja itu sendiri tetapi ada lagi faktor lain yang mendasarinya.
 Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang melakukan sex bebas yaitu:


1. Orang tua
Kurangnya bimbingan dan pengawasan orang tua sudah pasti akan membuat anak menjadi liar, orang tua yang terlalu percaya kepada anak tanpa mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh anak-anaknya merupakan tindakan yang salah yang berakibat fatal bagi si anak sendiri. Bahkan bukan tidak mungkin sebenarnya orang tua sendiri yang menjerumuskan anaknya, sebagai contoh misalnya, orang tua merasa malu kalau anaknya yang sudah SMK ataupun sudah remaja belum punya pacar, pasti akan ditanya, akhirnya si anak cari pacar, awalnya mungkin biasa saja, ke tokok buku, atau sesekali ke cafe. Lalu pelan-pelan naik pangkat pegang tangan, lalu naik pangkat lagi, dan meningkat ke lainnya. Orang tua yang terlalu otoriter juga tidak baik bagi perkembangan psikologi anak, ketika ia mendapatkan sekali kebebasan ia lupa segalanya.

2. Lingkungan/teman
Sekuat apapun kita mempertahankan diri kalau lingkungan dan orang-orang terdekat kita tidak mendukung kita, bukan tidak mungkin kita yang akhirnya terikut dengan mereka. Contohnya seorang pecandu narkoba awalnya cuma ikut-ikutan dengan teman-temannya dan sekedar iseng, begitu juga dengan sex bebas.

3. Uang
Di zaman sekarang ini uang adalah segala-galanya, tolok ukur seseorang ada pada uang, kehormatan, harga diri semua diukur dengan uang. Makanya orang-orang yang kebutuhannya tidak terpenuhi mencari penghasilan tambahan dengan cara seperti itu, dengan iming-iming uang semua menjadi tidak berarti. Apa yang harampun dihalalkan.

4. Iman yang lemah
Seseorang yang tidak punya iman dihatinya sudah pasti dia tidak tahan dengan godaan duniawi yang memang berat, sekecil apapun godaan itu apalagi godaan berat. Disebutkan dalam surah Al isra ayat 32 bahwa ;

“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Israa’: 32)

5. Ketagihan
Sex sama seperti orang makan, kebutuhan mutlak setiap orang. Tetapi kalau dia tidak dikelola dengan benar akibatnya bisa gawat. Sekali saja mencoba pasti akan mau lagi, dan mau lagi, sama seperti kecanduan.

Jadi marilah kita jaga diri kita dan ada dua pepatah Pepatah org dulu berbunyi (Penyesalan datang di akhir, tetapi sebelum penyesalan itu datang buatlah yang terbaik karena yang terbaik menuaikan hasil yang terindah). Dalam ilmu matematika jika positif dikali negatif maka hasilnya negatif artinya seberapapun hal positif yang kita lakukan jika berbuat 1 kesalahan negatif maka org akan mengingat hal kesalahan negatif yang kita perbuat.
 

Jayalah SMK Negeri 7 Samarinda