Telkom Samarinda Dukung SMKN 7 Selaraskan Dunia Kerja

Samarinda, Tribun - Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi (WITEL) Samarinda bersama SMKN 7 Samarinda dan CV Green Nusa Computindo, Biro I News Tenggarong melakukan kerjasama peningkatan kompetensi keahlian Teknologi Komputer Jaringan, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 7 Jalan Aminah Syukur, Samarinda. Rabu (10/3).

General Manager Telkom Wilayah Usaha Telekomunikasi (WITEL) Samarinda Slamet Rianto Pardi mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian Telkom Wilayah Kalimantan Timur untuk turut memajukan dunia pendidikan dan menyelaraskan dengan kebutuhan kerja. Sehingga pihaknya merasa perlu membantu melakukan transfer knowledge digital kepada para siswa agar mereka lebih siap.

Acara penandatanganan kemarin turut disaksikan olah Kabid SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Idhamsyah. "Untuk detailnya 3 bulan sekali kami diskusi proses perkembangan digital mengenai langkah-langkah apa yang semestinya kita lakukan. Kemudian pada siswa, hendaknya spirit atau semangat untuk maju terus tumbuh dari dalam diri mereka." kata Slamet.

Ia lalu menukil kisah sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Ali Bin Abi Thalib, seorang pemuda di zamannya saat itu yang memiliki semangat tinggi. Para siswa nantinya akan didampingi bersama oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, juga I News, dan Green Nusa Computindo.

Jika memang ada pendampingan produk unggulan misalnya di kancah nasional bisa dijadikan 4 atau 5 orang anak diajarkan raspberry kita beri sampel misal untuk mengetahui banjir di Bendungan Lempake Benanga bisa diketahui termasuk data scientistnya. Misalnya, kenaikan air rata rata dibulan sekian sampai bulan sekian atau kebakaran hutan biasanya terjadi saat adanya sejumlah curah hujan atau tak ada curah hujan. WITEL Samarinda sendiri berupaya memberikan saran yang diperlukan oleh industri, misal modul pengajaran.

"Kami turut bangga bisa mensupport dari SMKN7, Ini merupakan sekolah ketiga yang melakukan MoU. Sebelummnya kami kerjasama dengan SMK Labbaika Samarinda. Disana ada laboratorium fiber optik."

Kalau kita bisa berkomunikasi kapan saja termasuk saat berkutat kegiatan mengajar di SMKN7 bisa berupaya memberikan sarana dan prasarana yang menyesuaikan. Kepada seluruh manajemen setelah ini kita tidak lanjuti bersama dinas terkait.

Kabid Pendidikan SMK Dinas Pendidikan Kalimantan Timur, Idhamsyah berharap SMKN7 favorit menjadi sekolah kepercayaan orang tua dan keluarga. "Saya titip anak saya, cerdaskan anak - anak saya, terimakan tenaga kerja dan mampu menjual di pasar kerja. Kemudian saya titipkan guru sesuai dengan kebutuhan pasar industri harus pintar dan cerdas" katanya.

Kepala Sekolah SMKN 7 Anda Supanda berharap kerjasama ini akan meningkatkan kompetensi para siswa dan guru. "Saat ini ada seleksi SMK Pusat Unggulan. Kami dari SMKN 7 Samarinda berharap jadi salah satu SMK Unggulan, jadi center of excelent," ungkapnya.